Derrick Martell Rose

Derrick Martell Rose (lahir 4 Oktober 1988) adalah seorang pemain bola basket profesional Amerika Serikat yang saat ini bermain untuk Chicago Bulls. Ia di gadang-gadang akan menjadi salah satu Point Guard terbaik dalam sejarah NBA.

Lahir di Chicago, Rose belajar permainan basket dari tiga saudara yang lebih tua. Di sekolah tinggi, ia memenangkan dua kejuaraan negara dan dinilai oleh pengamat sebagai prospek point guard top di USA setelah lulus. Ia bermain untuk University of Memphis Tiger dalam  NCAA pada tahun 2008. Tak lama setelah itu, Rose dideklarasikan untuk terjun di NBA Draft 2008 dan terpilih pertama secara keseluruhan oleh tim kota kelahirannya Chicago Bulls.
Pada tahun pertama di NBA Rose terpilih sebagai Rookie of the Year dan terpilih dalam All-. Rookie Team. Dalam musim kedua, Rose terpilih masuk All-Star untuk pertama kalinya pada All-Star 2010 NBA Game. Dia juga terpilih sebagai starter untuk Tim AS di Kejuaraan Dunia FIBA 2010 dan ikut serta membantu USA meraih gelar dengan mengalahkan Spanyol di Final.Pemuda yang lahir dan dibesarkan di South Side Chicago ini memang sudah mempunyai catatan hebat di University of Memphis Tiger. Dan sangat beruntung  Chicago Bulls sebagai tim yang mencomot Derrick Rose di urutan pertama NBA Draft 2008. Ini merupakan suatu keajaiban mengingat Chicago hanya memiliki kesempatan 1,7% untuk memilih pemain teratas di lotre draft.

Rose memulai tahun pertama dengan hebat bersama Chicago Bulls.  Dia mencetak 10 poin atau lebih dalam 10 pertandingan pertamanya dan memperoleh penghargaan Rookie of November dan Desember. Selama All-Star Weekend, Rose bermain di Rookie Challenge, dan memenangkan Challenge Keterampilan, di mana ia mengalahkan beberapa All-Stars untuk menjadi rookie pertama yang mendapat piala.
Ia sempat mengalami kemerosotan pada Januari dan Februari, tapi Rose kembali ke permainan terbaik dan memenangkan penghargaan Rookie of March. Torehan rata-rata 16,8 poin per game dan 3,9 rebound per game mampu membawanya ke dalam NBA All-Rookie First Team. Bukan hanya itu, Rose juga mampu membawa Chicago Bulls masuk babak playoff.
Dalam debut playoff melawan juara bertahan Boston Celtics, Rose mencatat 36 poin , 11 assist, dan 4 rebound dan membawa Bulls menang dengan 105 -103 pada game pertama. Rose menjadi pemain kedua dalam sejarah NBA untuk mencatat 35 poin dan. 10 assist dalam debut playoff, setelah Chris Paul. Sayang, Bulls dikalahkan oleh Celtics dalam game ketujuh.
Pada tanggal 28 Januari 2010, Derrick Rose terpilih untuk karir pertamanya All Star Game sebagai cadangan untuk Team East. Ini menjadikannya sebagai pemain Bulls pertama yang terpilih All-Star sejak Michael Jordan pada tahun 1998. Rose mengemas 8  poin, 4 assist dan 3 steals dalam permainan pertamanya sebagai All-Star Game 2010.
Dan sekali lagi ia mengantarkan Bulls ke playoff pada musim 2009-10. Bulls finish dengan rekor 41-41. Dalam playoff Rose mencetak rata-rata 26,8 poin dan 7,2 assist. Sayang, Cleveland Cavaliers bersama Lebron James mampu mengandaskan Bulls pada game kelima.Menurut laporan 2010 Januari oleh ESPN, Rose penjualan jersey Rose masuk dalam kategori  4 penjualan terbaik di NBA.

Pada tanggal 30 Oktober 2010, di pertandingan kedua Bulls musim 2010-11, Rose mencetak 39 poin dalam 101-91 menang melawan Detroit Pistons. Dua hari setelah itu, Rose menyumbang 13 assist, membantu Luol Deng menggapai 40 poin yang dalam pertandingan melawan Portland Trail Blazers dan membawa Bulls menjadi pemenang.

Pada tanggal 10 Desember 2010, Rose mencetak 29 poin dan 9 assist, memimpin Bulls untuk kemenangan pertama mereka atas Los Angeles Lakers sejak 19 Desember 2006.

Pada tanggal 17 Januari 2011, Derrick Rose mencatan 22 poin, 10 rebound, dan 12 assist dan triple-double pertamanya saat melawan Memphis Grizzlies.

Pada tanggal 27 Januari 2011, Rose diumumkan sebagai Guard pada All-Star NBA 2011 untuk Team East.

Pada tanggal 17 Februari 2011, di pertandingan terakhir Bulls sebelum istirahat All-Star, Derrick Rose meraih catatan terbaiknya dengan 42 poin, 8 assist dan 5 rebound, dan membawa Bulls mengalahkan San Antonio Spurs 109-99

referensi : http://dunia-alfan.blogspot.com/2011/03/derrick-rose-pengatur-irama-chicago.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: